Kue Nikmat Serupa Sarang Semut

Walaupun memiliki nama kue sarang semut, namun tidak ada tambahan tumbuhan sarang semut yang digunakan dalam kue ini. Alasan yang menjadikan kue ini disemut sarang semut adalah tampilannya yang berongga dan terlihat seperti tumbuhan sarang semut. Tumbuhan sarang semut memang memiliki tampilan yang berongga – rongga dan berwara cukup gelap. Tumbuhan sarang semut ini merupakan bahan utama untuk banyak suplemen kesehatan yang baik untuk kesehatan. Menurut penelitian para ahli, terdapat kurang lebih 26 jenis tumbuhan sarang semut. Sarang semut ini ditemukan pertama kali pada tahun 2005 di daerah Wamena, Papua. Tumbuhan ini tidak tumbuh di sembarang tempat. Setelah menjalani berbagai macam penelitian dan pengujian, terbukti bahwa tumbuhan ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk membantu menyembuhkan penyakit berat seperti kanker, tumor,dan penyakit berat lain. Membuat kue sarang semut menjadi bolu caramel yang manis dan nikmat ini sangat cocok untuk dihidangkan saat menjamu tamu ataupun dijadikan sebagai camilan yang nikmat. Bolu caramel memang memiliki rasa yang khas dan cukup menarik. Kue bolu caramel mudah untuk dibuat. Jika anda ingin membuat kue bolu caramel ini ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti.

Pembuatan Kue sarang semut

Kue Sarang Semut

Kue Sarang Semut

Jika anda ingin mengetahui cara membuat kue sarang semut ini, anda dapat mencari langkah pembuatannya di majalah – majalah atau situs online yang menyediakan resep – resep kue. Hampir sama dengan kue yang lain, kue yang berbentuk mirip sarang semut ini terbuat dari tepung terigu, telur, susu, margarine, gula pasir air hangat dan beberapa bahan lain yang bisa diketahui melalui resep. Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat bolu ini cukup mudah ditemukan di pasaran. Sebelum membuat kuenya, anda harus membuat caramel terlebih dahulu. Dengan melarutkan gula pasir dengan menggunakan panci yang dipanaskan dan menambahkan air kedalam panci, caramel yang anda butuhkan akan bisa dibuat. Cara membuat caramel ini memang cukup mudah dan relative cepat. Selanjutnya, untuk kuenya, anda harus mencampurkan telur, vanilla essen dan garam di dalam tempat yang cukup besar. Kocok bahan – bahan tersebut hingga berbuih. Setelah berbuih, tambahkan susu kedalam adonan dan aduk rata. Kemudian tambahkan ayakan tepung terigu dan baking powder kedalam campuran ini. Pastikan adonan kue sarang semut teraduk dengan rata. Lalu tambahkan mentega cair lalu diaduk rata. Untuk campuran terakhir, anda harus menambahkan gula caramel yang telah dibuat sebelumnya ke dalam adonan dan aduk rata untuk terakhir kalinya.

Adonan yang sudah diaduk rata tersebut harus ditutup plastic atau serbet dan dibiarkan selama kurang lebih 2 jam. Selama menunggu 2 jam, anda dapat memanaskan oven hingga mencapai suhu 170 derajat. Anda juga perlu mempersiapkan Loyang loaf yang akan digunakan untuk memanggang adonan. Loyang loaf yang digunakan terlebih dahulu dilapisi dengan baking paper atau bisa juga diganti dengan olesan margarine yang ditaburi tepung sehingga membentuk lapisan yang tipis. Setelah 2 jam, aduk kembali adonan lalu tuangkan adonan ke dalam Loyang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Setelah dituang ke dalam Loyang, bakarlah adonan selama kurang lebih 45 menit dalam oven yang sudah dipersiapkan. Untuk menguji tingkat kematangan, tusuklah adonan dengan tusuk gigi. Jika sudah tidak lengket, berarti adonan sudah matang. Setelah matang, bentuk kue bolu caramel ini akan terlihat berongga – rongga dan mirip dengan bentuk tampilan tumbuhan sarang semut. Kue sarang semut yang sangat lezat ini dapat langsung dinikmati selagi hangat.

Posted in Sarang Semut.

Comments are closed.